Beberapa Contoh RPPH Untuk PAUD/TK K13

Contoh RPPH PAUD/TK K13 Lengkap Terbaru
pixabay.com
Riungan RPP - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kumpulan RPPH untuk paud maupun tk, RPPH ini sudah saya rancang dengan mengikuti ketentuan yang berlaku sekarang ,rpph ini sudah saya konversikan kedalam format docx tujuannya agar bapak ibu guru dapat lebih mudah dalam mengedit ulang contoh RPPH ini.
Sebelum Bapak ibu guru mendownload RPPH PAUD ini tentunya sudah dengan kurikulum 2013, harus diketahui bahwa RPPH PAUD yang ini hanya sebagai contoh dan acuan di dalam mengembangkan RPPH PAUD cocok dengan keperluan dan situasi PAUD masing-masing.

Berikut RPPH yang akan saya bagikan kali ini meliputi beberapa subtema seperti sebagai berikut :

Tema Diriku atau Diri Sendiri Subtema Identitas
Tema Diriku atau Diri Sendiri Subtema Wajahku
Tema Diriku atau Diri Sendiri Subtema Anggota Tubuhku
Tema Diriku atau Diri Sendiri Subtema Kesukaanku
Tema Keluarga Subtema Anggota Keluarga
Tema Keluarga Subtema Kebiasaan dalam Keluarga
Tema Keluarga Subtema Makanan dan Pakaian
Tema Keluarga Subtema Rumahku

Berikut Contoh gambaran RPPH PAUD Tema Diri Sendiri (Tubuhku) Model Sentra Seni
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)

Semester / Bulan/Minggu ke: -
Hari / Tanggal: -
Kelompok / Usia: -
Tema / Subtema: -

Materi dalam kegiatan:
1. Doa sebelum dan setelah belajar
2. Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, dan teknik merawatnya,
3. Pengelompokan menurut warna (merah, biru, kuning)
4. (Catatan: pelajaran pengelompokan menurut format dan jumlah bilangan dikatakan pada hari berikutnya)
5. Lagu � Aku Ciptaan Tuhan�

Materi yang masuk dalam pembiasaan
1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan setelah makan.

Alat dan Bahan
1. Lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem, kertas warna-warni untuk pekerjaan membuat bingkai potret diri warna merah, biru, kuning.
2. Kertas Koran guna alas, tanah liat, celemek untuk memblokir baju anak untuk pekerjaan membuat boneka potret diri dari tanah liat.
3. Shuttlecock (Kok bulu tangkis) bekas, kertas warna warni, lem, asesoris mata untuk pekerjaan membuat boneka diri.
4. Gambar anggota tubuh, lem, kertas/kain fl anel,gunting, potongan anggota.
(gambar dan lagu beserta not angka disematkan dalam RPPH bila memungkinkan)

Pembukaan
1. Bernyanyi �Aku Ciptaan Tuhan�.

Aku Ciptaan Tuhan
Penggubah: NN
1 1 4 4 4 4 4 3 4 5
Ma ta mu yang mu ngil ja ga lah
1 1 5 5 5 5 5 4 5 6
Ja ngan sam pai me li hat yang sa lah
6 6 6# 6# 6# 6 2 6# 6# 6 6 6 5 4
Ka re na Tu han yang Esa te lah men cip ta kan nya
6 6 5 5 5 4 3 2 3 4
Ma ta mu yang mu ngil ja ga lah
2. Doa sebelum belajar.
3. Mengenalkan aturan bermain.
4. Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan teknik merawat tubuh Diskusi yang mesti dilaksanakan sebagai rasa terima kasih terhadap Tuhan atas tubuhnya.
5. Berdiskusi mengenai pengelompokan warna (merah, biru, kuning).

Kegiatan Inti
1. Guru menyuruh anak meneliti alat dan bahan yang disediakan.
2. Guru menanyakan konsep warna dan format yang terdapat di perangkat dan bahan.
3. Guru menanyakan untuk anak dimana mereka pernah mengejar konsep tersebut.
4. Guru mempersilakan anak mengelompokkan perangkat dan bahan cocok dengan konsep yang dicerna anak.
5. Anak melakukan pekerjaan sesuai dengan yang digemari dan gagasannya.
a. Kegiatan 1: Membuat bingkai potret diri dari lidi.
b. Kegiatan 2: Membuat boneka potret diri dari tanah liat.
c. Kegiatan 3: Membuat boneka diri dari shuttlecock.
d. Kegiatan 4: Membuat kolase (menggunting dan menempel) anggota diri.
6. Anak menceritakan pekerjaan main yang dilakukannya
7. Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di pekerjaan mainnya.

Kegiatan Penutup
1. Menanyakan perasaan sekitar hari ini
2. Berdiskusi pekerjaan apa saja yang telah dimainkan hari ini, mainan apa yang sangat disukai, dll.
3. Menanyakan perasaan sekitar hari ini
4. Memberikan tugas untuk anak untuk dilaksanakan di lokasi tinggal yakni menanyakan untuk orang tuanya tentang lokasi lahir, tanggal lahir, siapa yang membantu kelahiran, dst.
5. Bercerita pendek yang mengandun pesan-pesan
6. Menginformasikan pekerjaan untuk esok hari
7. Berdoa sesudah belajar.

Rencana Penilaian
1. Indikator Penilaian:
2. Teknik evaluasi yang bakal digunakan:
- Catatan hasil karya
- Catatan anekdotal, dan
- Skala capaian pertumbuhan (rating scale)


Semoga dengan adanya Beberapa Contoh RPPH Untuk PAUD/TK K13 yang saya bagikan kali ini bisa membantu mempermudah kegiatan bapak ibu baik disekolah maupun luar sekolah terutama dalam perancangan RPPH Paud ini, Terimakasih dan semoga bermanfaat.
Unduh

0 Response to "Beberapa Contoh RPPH Untuk PAUD/TK K13"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel